Amalan pada saat Hari Raya Idul Fitri

Waktu berlalu begitu cepat, tinggal hitungan hari Ramadhan akan kita tinggalkan. Dan waktu mendekatkan kita dengan tanggal 1 syawal. Waktupun mengajak kita untuk bersua dan bertemu dengan indahnya hari raya Idul Fitri.

Nah, ada beberapa Amalan sunnah yang dapat kita lakukan di hari raya Idul Fitri :

1. Mandi Sekujur Tubuh

Dari Ali r.a. bahwa ia pernah ditanya perihal mandi, maka dia menjawab, “Yaitu pada hari   Jum’at, hari ‘Arafah, hari raya, dan hari raya Idul Adha.”(HR. Baihaqi).

2.Mengeluarkan Zakat.
Zakat fitrah wajib dikeluarkan sejak tenggelamnya matahari pada akhirnya bulan Romadlon sampai dengan tenggelamnya matahari pada tanggal 1 Syawal. Sedangkan yang paling utama dikeluarkan setelah terbitnya fajar pada tanggal 1 Syawal dan sebelum sholat Idul Fitri.

2. Menggunakan pakaian terbaik
Dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Rasulullah menggunakan kain ganggang Yaman pada hari raya,” (Sanadnya jayyid Ash-shabihah no: 1279 dan Al-haitsami dalam Majma’uz Zawa-id II: 201 berkata “Diriwayatkan Thabrani dalam kitab al-Ausath dengan perawi-perawi yang tsiqah.”)

3. Makan sebelum berangkat pada hari raya puasa
Dari Anas r.a. berkata, “Adalah Rasulullah tidak berangkat (ke tanah lapang) pada idul fitri sehingga makan beberapa buah kurma.” (Shahil Shahih Tirmidzi no: 448, Fathul Bari II: 446 no: 953 dan Tirmidzi II: 27 no: 541)

4. Bertakbir Saat Malam hingga Tempat Sholat Ied

Nabi s.a.w apabila pada hari raya Idul Fitri, beliau bertakbir sehingga sampai lapangan (tempat didirikan solat hari raya) dan melaksanakan solat. Apabila selesai solat, beliau memutuskan takbirnya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, lihat Ash Shahihah).

5. Melewati jalan lain
Dari Jabir  r.a. berkata, “Adalah Nabi saw. apabila hari raya, melewati jalan yang berbeda (antara pulang dan pergi).” (Shahih: Al Misykah no: 1434 dan Fathul Bari II: 472 no: 968).

Takbir pada dua hari raya Takbir pada hari idul fitri sebagaimana firman Allah, “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu rnengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. al-Baqarah: 185)

Adapun takbir pada hari raya qurban, didasarkan ayat Qur’an, “Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang.” (Al-Baqarah: 203). Dan firman Allah, “Demikianlah Allah (telah menundukkan untuk kami supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu.”(QS. Al-Hajj : 37).

 

Sumber : www.muslimdaily.net ,www.embunhati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *